Rabu, 20 Juni 2012

Laporan praktikum akuntansi pengantar 5

MODUL V

Laporan keuangan Perusahaan

Bulan januari 2000


A. PEMBAHASAN

Ada beberapa tahapan-tahapan dalam membuat Data Perusahaan dan Akun, antara lain sebagai berikut :
Dalam membuat Data akun setelah membuat COA nya, kemudian → klik General Ledger → Account Card, kemudian isi dengan nama-nama akun dan kodenya masing-masing, kode dan nama akun tersebut sesuai dengan yang ada pada soal tambahan, yaitu dari Kas (kodenya : 111110) → Save sampai dengan Biaya lain-lain (kodenya 511550) → Save.
Untuk Nama Bank → klik icon Bank → Bank Card → pada account detail → Bank detail → isikan data Bank yang akan digunakan, misalnya Biem Bank Ok. → Save.
Tetapkan Control Account dengan cara :

Pilih Menu Defaults-Control Accounts

Isikan Control Accounts sesuai dengan nama akun seperti data akun diatas.

Tekan OK

Tekan Close


Kemudian Klik General Ledger → pilih nama akun yang tidak digunakan ( yang berbahasa Inggris), kemudian hapus semua kecuali Misposting Account & Suspense Account. → Close.
Isikan kondisi default DacEasy Accounting & Payroll 95.Dengan cara :

- Pilih Defaults

- Pilih Company Preferences

Ubah isian pada tab System-Inventory disesuaikan dengan kebijakan

akuntansi perusahaan yaitu Average Costing → OK

- Pilih Financial Year Financial Years → January 2005→ Yes.

- Pilih Currency → edit, untuk menambah jenis mata uangnya, yaitu mata

uang Rupiah – Indonesia (di no. 19) → Ok.

- Pilih Departments

Tekan Edit untuk merubah nama Departemen yang bagian atas diganti

dengan → Barang
Klik icon View → Customers → Customers CardCustomers Code : C – 1
Customers Name :






Contact Person :

Telp :

Depart :

Credit Limit :

Term : PT. Damai


Sleman



Dewi

4059112

Barang

Rp. 500.000,-

2/10, n/30



























Setelah itu pilih default ; currency
Currency = Rupiah ; Indonesia
Customers defaulto/b

Pada kotak Customers Balance klik pada icon -

→ Yes.
Dalam kotak tersebut → ketik saldo awal → tanggal (Date) 01/01/05
Pada pilihan → Invoice (piutang) → ketik “400000” → Save 2x.
Klik icon View → Vendors → Vendors Card












Defaults →.Vendors default
Dalam kotak isianVendors Code : V – 1
Vendors Name :






Contact Person :

Telp :

Depart :

Credit Limit :

Term : PT. Vidi


Sleman



Tanti

7788420

Barang

Rp. 2000.000,-

5/20, n/30









































Currency = Rupiah
Dalam kotak tersebut → ketik saldo awal → tanggal (Date) 01/01/05
Pada pilihan → Invoice → ketik “800000” → Save 2x.
Defaults →.Products defaults →.Product Card
Dalam kotak isian : (untuk Produk : LCD)Product Code : P – 1
Vendors :






Contact Person :

Telp :

Depart : PT. Vidi


Sleman



Dewi

4059112

Barang






































Yang perlu dirubah dalam isi kotak tersebut adalah :
Sales Price (harga jual) = 80.000o/b

Cost Price = Rp. 2500 → instock

- Yes
Available : 10 (Stock)
In stock 60000
Recorder level → Rec. Level = 5
Recorder Quantity = jumlah order = 10


General Ledger → Account Card:
Kas → Rp. 700.000,- (Pada Debet)
Biem Bank → Rp 300.000,- (Pada Debet)
Modal → Rp.1200.000,- (Pada Kredit)
Piutang dagang → Rp. 400000,- (Sudah termuat dalam general ledger)
Persediaan Perdagangan → Rp. 600.000,- (Sudah termuat dalam general
ledger)
Utang dagang → Rp. 800.000,- (Sudah termuat dalam general ledger)
Transaksi-Transaksi :
Membuat Customer baru dengan nama PT. Jaya (Kode, Nama Customers, Alamat)

1. Transaksi tanggal 9 januari Klik pada tombol Invoicing



2. Transaksi 14 Klik icon Bank, pilih Customer Deposit



Isikan Data pada table diatas dan di Payment ketikkan Rp. 200.000,- Save
Transaksi Tanggal 19, Buatlah Vendor baru dengan nama PT Wijaya (Kode, Nama, Alamat)
Buat Produk baru dengan descriptionnya Printer (Code P-2), Vendor Code V-2, Harga jual Rp.70.000,- dan Harga Beli Rp.50.000.
Kemudian Klik Icon Purchase Order

Transaksi Vendor (V-2), PO nya dihilangkan, Kode Produk P-2 (Printer) dengan Quantity = 10.
PO diupdate ledger


Transaksi tanggal 20 Klik Invoicing



Isikan Datanya sesuai table.

5. Transaksi Tanggal 26 Invoicingkemudian Product Credit Memo, dan Isikan datanya.





6. Dicetak : Financial → Trial Balance, Profit n Loss dan Current Balance

Sheet.
General Ledger → Reports →Account Balance → Run

→ Additional Report Filter

8. – General dari Nama Akun Awal (111110) sampai terakhir (9999) → Print.



B. Listing Terlampir

1 komentar: