MODUL V
Laporan keuangan Perusahaan  
Bulan januari 2000
 
A.    PEMBAHASAN
Ada beberapa tahapan-tahapan dalam membuat Data Perusahaan dan Akun, antara lain sebagai berikut :
Dalam membuat Data akun setelah membuat COA nya, kemudian → klik General Ledger → Account Card, kemudian isi dengan nama-nama akun dan kodenya masing-masing, kode dan nama akun tersebut sesuai dengan yang ada pada soal tambahan, yaitu dari Kas (kodenya : 111110) → Save sampai dengan Biaya lain-lain (kodenya 511550) → Save.
Untuk Nama Bank → klik icon Bank → Bank Card → pada account detail → Bank detail → isikan data Bank yang akan digunakan, misalnya Biem Bank  Ok. → Save.
Tetapkan Control Account dengan cara :
Pilih Menu Defaults-Control Accounts
Isikan Control Accounts sesuai dengan nama akun seperti data akun diatas.
Tekan OK
Tekan Close
 
Kemudian Klik General Ledger → pilih nama akun yang tidak digunakan ( yang berbahasa Inggris), kemudian hapus semua kecuali Misposting Account & Suspense Account. → Close.
Isikan kondisi default DacEasy Accounting & Payroll 95.Dengan cara :
-  Pilih Defaults
-  Pilih Company Preferences
Ubah isian pada tab System-Inventory disesuaikan dengan kebijakan
akuntansi perusahaan yaitu Average Costing → OK
- Pilih Financial Year Financial Years → January 2005→ Yes.
-  Pilih Currency → edit, untuk menambah jenis mata uangnya, yaitu mata
uang Rupiah – Indonesia (di no. 19) → Ok.
-  Pilih Departments
Tekan Edit untuk merubah nama Departemen yang bagian atas diganti
dengan → Barang
Klik icon View → Customers → Customers CardCustomers Code     : C – 1
Customers Name    :
 
 
Contact Person        :
Telp  :
Depart                     :
Credit Limit            :
Term : PT. Damai
Sleman
 
Dewi
4059112
Barang
Rp. 500.000,-
2/10, n/30
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Setelah itu pilih default ; currency
Currency = Rupiah ; Indonesia
Customers defaulto/b
Pada kotak Customers Balance  klik pada icon -
→ Yes.
Dalam kotak tersebut → ketik saldo awal → tanggal (Date) 01/01/05
Pada pilihan → Invoice (piutang) → ketik “400000” → Save 2x.
Klik icon View → Vendors → Vendors Card
 
 
 
 
 
 
Defaults →.Vendors default
Dalam kotak isianVendors Code     : V – 1
Vendors Name    :
 
 
Contact Person        :
Telp  :
Depart                     :
Credit Limit            :
Term : PT. Vidi
Sleman
 
Tanti
7788420
Barang
Rp. 2000.000,-
5/20, n/30
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Currency = Rupiah
Dalam kotak tersebut → ketik saldo awal → tanggal (Date) 01/01/05
Pada pilihan → Invoice → ketik “800000” → Save 2x.
Defaults →.Products defaults →.Product Card
Dalam kotak isian : (untuk Produk : LCD)Product Code       : P – 1
              Vendors  :
 
 
Contact Person        :
Telp  :
Depart                     : PT. Vidi
Sleman
 
Dewi
4059112
Barang
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Yang perlu dirubah dalam isi kotak tersebut adalah :
Sales Price (harga jual) = 80.000o/b
Cost Price = Rp. 2500 →  instock
- Yes
Available : 10 (Stock)
In stock   60000
Recorder level → Rec. Level = 5
Recorder Quantity = jumlah order = 10
 
  General Ledger → Account Card:
Kas → Rp. 700.000,-  (Pada Debet)
Biem Bank  → Rp 300.000,- (Pada Debet)
Modal → Rp.1200.000,- (Pada Kredit)
Piutang dagang → Rp. 400000,- (Sudah termuat dalam general ledger)
Persediaan Perdagangan → Rp. 600.000,- (Sudah termuat dalam general
 ledger)
Utang dagang → Rp. 800.000,- (Sudah termuat dalam general ledger)
Transaksi-Transaksi :
Membuat Customer baru dengan nama PT. Jaya (Kode, Nama Customers, Alamat)
1. Transaksi tanggal 9 januari Klik pada tombol  Invoicing
 
2. Transaksi 14 Klik icon Bank, pilih Customer Deposit
 
Isikan Data pada table diatas dan di Payment ketikkan Rp. 200.000,- Save
Transaksi Tanggal 19, Buatlah Vendor baru dengan nama PT Wijaya     (Kode, Nama, Alamat) 
Buat Produk baru dengan descriptionnya Printer (Code P-2), Vendor Code V-2, Harga jual Rp.70.000,- dan Harga Beli Rp.50.000.
Kemudian Klik Icon Purchase Order
Transaksi Vendor (V-2), PO nya dihilangkan, Kode Produk P-2 (Printer) dengan Quantity = 10.
PO diupdate ledger 
 
Transaksi tanggal 20 Klik Invoicing
 
Isikan Datanya sesuai table.
5. Transaksi Tanggal 26 Invoicingkemudian Product Credit Memo, dan   Isikan datanya.
 
 
6. Dicetak : Financial → Trial Balance, Profit n Loss dan Current Balance
Sheet.
General Ledger → Reports →Account Balance → Run
→ Additional Report Filter
8. – General dari Nama Akun Awal (111110) sampai terakhir (9999) →      Print.
 
          B. Listing Terlampir
 
tambahan soal praktikum modul 5 nya man gan
BalasHapus