MODUL 16
KELAS DAN OBYEK II
KELAS DAN OBYEK II
TUJUAN
Mahasiswa mampu membuat obyek yang mengacu dikelas tersebut.
PEMBAHASAN
LATIHAN
Membuat kelas main.
public class Bicycle{
public int cadence;
public int gear;
public int speed;
public Bicycle (int startCadence, int startSpeed, int startGear){
gear = startGear;
cadence = startCadence;
speed = startSpeed;
}
public void setGear(int newValue){
cadence = newValue;
}
public void setCadence (int newValue){
gear = newValue;
}
public void applyBrake (int decrement){
speed -= decrement;
}
public void speedUp (int increment){
speed += increment;
}
}
class BicycleDemo{
public static void main (String args[]){
Bicycle bb1 = new Bicycle(1,2,3);
Bicycle bb2 = new Bicycle(3,4,5);
bb1.setGear(10);
bb1.setCadence(8);
bb1.applyBrake(15);
bb1.speedUp(12);
bb2.setGear(9);
bb2.setCadence(10);
bb2.applyBrake(5);
bb2.speedUp(8);
}
}
Membuat kelas mainnya:
class Bicycle{
public int cadence;
public int gear;
public int speed;
int startCadence;int startSpeed;int startGear;
public Bicycle (){
gear = startGear;
cadence = startCadence;
speed = startSpeed;
}
public void setGear(int newValue){
cadence = newValue;
}
public void setCadence (int newValue){
gear = newValue;
}
public void applyBrake (int decrement){
speed -= decrement;
}
public void speedUp (int increment){
speed += increment;
}
public void printStates() {
System.out.println(“cadence: “+cadence+ ” speed: “+speed+ ” gear: “+gear);
}
}
public class BicycleDemo{
public static void main (String args[]){
Bicycle bb1 = new Bicycle();
Bicycle bb2 = new Bicycle();
bb1.setGear(10);
bb1.setCadence(8);
bb1.applyBrake(15);
bb1.speedUp(20);
bb1.printStates();
bb2.setGear(9);
bb2.setCadence(10);
bb2.applyBrake(5);
bb2.speedUp(8);
bb2.printStates();
}
}
Hasilnya :
C:\Program Files\Java\jdk1.5.0_13\bin\java.exe -classpath “C:\Program Files\Java\jdk1.5.0_13\jre\lib\rt.jar;D:\praktik algoritma\bicycle” BicycleDemo
cadence: 10 speed: 5 gear: 8
cadence: 9 speed: 3 gear: 10
Finished executing
Pembahasannya:
public class Bicycle{: digunakan untuk menampilkan nama kelas dalam program java.
public int candence; :merupakan tampilan atribut milik dari bicycle, merupakan tipe integer dan variable candence.
public int gear;: merupakan tampilan atribut milik dari bicycle, merupakan tipe integer dan variable gear.
public int speed;: merupakan tampilan atribut milik dari bicycle, merupakan tipe integer dan variable speed.
public Bicycle(int startCandence, int startSpeed ,int startGear){ :merupakan konstruktor dalam kelas bicycle dengan mengambil 3 argument integer.
gear = startGear;: masuk ke variable gear kemudian dideklarasikan.
candence = startCandence;: masuk ke variable candence kemudian dideklarasikan.
speed = startSpeed;: masuk ke variable speed kemudian dideklarasikan.
public void setCandence(int newValue){ : digunakan untuk menampilkan nama method dengan tipe variablenya integer.
candence = newValue; digunakan untuk menciptakan obyek value
public void setGear(int newValue){digunakan untuk menampilkan nama method dengan tipe variablenya integer.
gear = newValue; digunakan untuk menciptakan obyek value
public void applyBrake(int decrement){ : digunakan untuk menampilkan nama method dengan tipe variablenya integer.
speed -= decrement; : berkurang satu dari variable speed..
public void speedUp(int increment){: digunakan untuk menampilkan nama method dengan tipe variablenya integer.
speed += increment; :bertambah satu nilai variable speed.
public class Bicycledemo : digunakan untuk menampilkan nama kelas dalam program java.
public static void main(String[]args){ : untuk menampilkan standartnya program dalam java atau sebagai program utama.
public void printStates() {:
System.out.println(“cadence: “+cadence+ ” speed: “+speed+ ” gear: “+gear); : digunakan untuk menampilkan hasil atau outputnya.
Bicycle bb1 = new Bicycle(); digunakan untuk menciptakan obyekbaru pada Bicycle pertama (bb1)
Bicycle bb2 = new Bicycle():digunakan untuk menciptakan obyekbaru pada Bicycle kedua (bb2)
bb1.setGear(10); pada obyek bicycle 1 variable isi setGearnya 10.
bb1.setCadence(8); pada obyek bicycle 1 variable isi setCandencenya 8.
bb1.applyBrake(15); pada obyek bicycle 1 variable isi applybrakenya 15.
bb1.speedUp(20); pada obyek bicycle 1 variable isi speedUpnya 20.
bb1.printStates();merupakan bicycle 1 variable isi printstates.
bb2.setGear(9): merupakan bicycle 2 variable isi gearnya 9.
TUGAS
membuat program tentang kelas orang dan jenisnya.
public class OrangData // digunakan untuk menampilkan nama kelas dalam program java.
{
int tinggi = 160; // merupakan tipe data integer dengan nilai tinggi 160
int berat = 45;//merupakan tipe data integer dengan nilai berat 45
String nama;// merupakan tipe data string dengan variabelnya nama.
String bentuk_badan;// merupakan tipe data string dengan variabelnya bentuk badan.
String warna_rambut = “hitam”;// merupakan tipe data string dengan variabelnya warna rambut dengan hasilnya hitam.
String warna_kulit = “coklat“;// merupakan tipe data string dengan variabelnya warna kulit dengan hasilnya coklat.
String kelamin;// merupakan tipe data string dengan variabelnya kelamin.
boolean kacamata;// merupakan tipe data booelan untuk menyatakan true atau false.
OrangData()//
{}
OrangData(String btk_bdn,String wrn_rambut,String wrn_kulit,String klm,boolean kcmt)// merupakan konstruktor dalam kelas bicycle dengan mengambil 3 argument integer.
{
bentuk_badan = btk_bdn;//digunakan untuk memasukkan data bentuk badan.
warna_rambut=wrn_rambut;
warna_kulit=wrn_kulit;
kelamin = klm;
kacamata = kcmt;
}
public void setnama(String nama)//digunakan untuk menampilkan nama method dengan tipe variablenya String
{
nama = nama;
}
public static void main(String args[])//untuk menampilkan standartnya program dalam java atau sebagai program utama
{
OrangData od = new OrangData();//digunakan untuk menciptakan obyek baru pada orangdata.
System.out.println(“orang surabaya ke-1″);//digunakan untuk menampilkan hasil keluaran.
od.setnama(“Cela”);//merupakan obyek dengan variable nama nya cela.
System.out.println(“nama anda :”+od.nama);//digunakan untuk menampilkan hasil nama.
System.out.println(“tinggi badan :”+od.tinggi);
System.out.println(“berat badan :”+od.berat);
System.out.println(“warna rambut :”+od.warna_rambut);
System.out.println(“warna kulit :”+od.warna_kulit);
System.out.println(“bentuk badan :”+od.bentuk_badan);
System.out.println(“berkacamata :”+od.kacamata);
System.out.println(“orang surabaya ke-2″);
od.setnama(“Cieni”);
System.out.println(“nama anda : “+od.nama);
System.out.println(“tinggi badan : “+od.tinggi);
System.out.println(“berat badan : “+od.berat);
System.out.println(“warna rambut :”+od.warna_rambut);
System.out.println(“warna kulit :”+od.warna_kulit);
System.out.println(“bentuk badan : “+od.bentuk_badan);
System.out.println(“berkacamata : “+od.kacamata);
}
}
Hasilnya:
C:\Program Files\Java\jdk1.5.0_13\bin\java.exe -classpath “C:\Program Files\Java\jdk1.5.0_13\jre\lib\rt.jar;D:\praktik algoritma” OrangData
orang surabaya ke-1
nama anda :null
tinggi badan :160
berat badan :45
warna rambut :hitam
warna kulit :coklat
bentuk badan :null
berkacamata :false
orang surabaya ke-2
nama anda : null
tinggi badan : 160
berat badan : 45
warna rambut :hitam
warna kulit :coklat
bentuk badan : null
berkacamata : false
Finished executing
Mahasiswa mampu membuat obyek yang mengacu dikelas tersebut.
PEMBAHASAN
LATIHAN
Membuat kelas main.
public class Bicycle{
public int cadence;
public int gear;
public int speed;
public Bicycle (int startCadence, int startSpeed, int startGear){
gear = startGear;
cadence = startCadence;
speed = startSpeed;
}
public void setGear(int newValue){
cadence = newValue;
}
public void setCadence (int newValue){
gear = newValue;
}
public void applyBrake (int decrement){
speed -= decrement;
}
public void speedUp (int increment){
speed += increment;
}
}
class BicycleDemo{
public static void main (String args[]){
Bicycle bb1 = new Bicycle(1,2,3);
Bicycle bb2 = new Bicycle(3,4,5);
bb1.setGear(10);
bb1.setCadence(8);
bb1.applyBrake(15);
bb1.speedUp(12);
bb2.setGear(9);
bb2.setCadence(10);
bb2.applyBrake(5);
bb2.speedUp(8);
}
}
Membuat kelas mainnya:
class Bicycle{
public int cadence;
public int gear;
public int speed;
int startCadence;int startSpeed;int startGear;
public Bicycle (){
gear = startGear;
cadence = startCadence;
speed = startSpeed;
}
public void setGear(int newValue){
cadence = newValue;
}
public void setCadence (int newValue){
gear = newValue;
}
public void applyBrake (int decrement){
speed -= decrement;
}
public void speedUp (int increment){
speed += increment;
}
public void printStates() {
System.out.println(“cadence: “+cadence+ ” speed: “+speed+ ” gear: “+gear);
}
}
public class BicycleDemo{
public static void main (String args[]){
Bicycle bb1 = new Bicycle();
Bicycle bb2 = new Bicycle();
bb1.setGear(10);
bb1.setCadence(8);
bb1.applyBrake(15);
bb1.speedUp(20);
bb1.printStates();
bb2.setGear(9);
bb2.setCadence(10);
bb2.applyBrake(5);
bb2.speedUp(8);
bb2.printStates();
}
}
Hasilnya :
C:\Program Files\Java\jdk1.5.0_13\bin\java.exe -classpath “C:\Program Files\Java\jdk1.5.0_13\jre\lib\rt.jar;D:\praktik algoritma\bicycle” BicycleDemo
cadence: 10 speed: 5 gear: 8
cadence: 9 speed: 3 gear: 10
Finished executing
Pembahasannya:
public class Bicycle{: digunakan untuk menampilkan nama kelas dalam program java.
public int candence; :merupakan tampilan atribut milik dari bicycle, merupakan tipe integer dan variable candence.
public int gear;: merupakan tampilan atribut milik dari bicycle, merupakan tipe integer dan variable gear.
public int speed;: merupakan tampilan atribut milik dari bicycle, merupakan tipe integer dan variable speed.
public Bicycle(int startCandence, int startSpeed ,int startGear){ :merupakan konstruktor dalam kelas bicycle dengan mengambil 3 argument integer.
gear = startGear;: masuk ke variable gear kemudian dideklarasikan.
candence = startCandence;: masuk ke variable candence kemudian dideklarasikan.
speed = startSpeed;: masuk ke variable speed kemudian dideklarasikan.
public void setCandence(int newValue){ : digunakan untuk menampilkan nama method dengan tipe variablenya integer.
candence = newValue; digunakan untuk menciptakan obyek value
public void setGear(int newValue){digunakan untuk menampilkan nama method dengan tipe variablenya integer.
gear = newValue; digunakan untuk menciptakan obyek value
public void applyBrake(int decrement){ : digunakan untuk menampilkan nama method dengan tipe variablenya integer.
speed -= decrement; : berkurang satu dari variable speed..
public void speedUp(int increment){: digunakan untuk menampilkan nama method dengan tipe variablenya integer.
speed += increment; :bertambah satu nilai variable speed.
public class Bicycledemo : digunakan untuk menampilkan nama kelas dalam program java.
public static void main(String[]args){ : untuk menampilkan standartnya program dalam java atau sebagai program utama.
public void printStates() {:
System.out.println(“cadence: “+cadence+ ” speed: “+speed+ ” gear: “+gear); : digunakan untuk menampilkan hasil atau outputnya.
Bicycle bb1 = new Bicycle(); digunakan untuk menciptakan obyekbaru pada Bicycle pertama (bb1)
Bicycle bb2 = new Bicycle():digunakan untuk menciptakan obyekbaru pada Bicycle kedua (bb2)
bb1.setGear(10); pada obyek bicycle 1 variable isi setGearnya 10.
bb1.setCadence(8); pada obyek bicycle 1 variable isi setCandencenya 8.
bb1.applyBrake(15); pada obyek bicycle 1 variable isi applybrakenya 15.
bb1.speedUp(20); pada obyek bicycle 1 variable isi speedUpnya 20.
bb1.printStates();merupakan bicycle 1 variable isi printstates.
bb2.setGear(9): merupakan bicycle 2 variable isi gearnya 9.
TUGAS
membuat program tentang kelas orang dan jenisnya.
public class OrangData // digunakan untuk menampilkan nama kelas dalam program java.
{
int tinggi = 160; // merupakan tipe data integer dengan nilai tinggi 160
int berat = 45;//merupakan tipe data integer dengan nilai berat 45
String nama;// merupakan tipe data string dengan variabelnya nama.
String bentuk_badan;// merupakan tipe data string dengan variabelnya bentuk badan.
String warna_rambut = “hitam”;// merupakan tipe data string dengan variabelnya warna rambut dengan hasilnya hitam.
String warna_kulit = “coklat“;// merupakan tipe data string dengan variabelnya warna kulit dengan hasilnya coklat.
String kelamin;// merupakan tipe data string dengan variabelnya kelamin.
boolean kacamata;// merupakan tipe data booelan untuk menyatakan true atau false.
OrangData()//
{}
OrangData(String btk_bdn,String wrn_rambut,String wrn_kulit,String klm,boolean kcmt)// merupakan konstruktor dalam kelas bicycle dengan mengambil 3 argument integer.
{
bentuk_badan = btk_bdn;//digunakan untuk memasukkan data bentuk badan.
warna_rambut=wrn_rambut;
warna_kulit=wrn_kulit;
kelamin = klm;
kacamata = kcmt;
}
public void setnama(String nama)//digunakan untuk menampilkan nama method dengan tipe variablenya String
{
nama = nama;
}
public static void main(String args[])//untuk menampilkan standartnya program dalam java atau sebagai program utama
{
OrangData od = new OrangData();//digunakan untuk menciptakan obyek baru pada orangdata.
System.out.println(“orang surabaya ke-1″);//digunakan untuk menampilkan hasil keluaran.
od.setnama(“Cela”);//merupakan obyek dengan variable nama nya cela.
System.out.println(“nama anda :”+od.nama);//digunakan untuk menampilkan hasil nama.
System.out.println(“tinggi badan :”+od.tinggi);
System.out.println(“berat badan :”+od.berat);
System.out.println(“warna rambut :”+od.warna_rambut);
System.out.println(“warna kulit :”+od.warna_kulit);
System.out.println(“bentuk badan :”+od.bentuk_badan);
System.out.println(“berkacamata :”+od.kacamata);
System.out.println(“orang surabaya ke-2″);
od.setnama(“Cieni”);
System.out.println(“nama anda : “+od.nama);
System.out.println(“tinggi badan : “+od.tinggi);
System.out.println(“berat badan : “+od.berat);
System.out.println(“warna rambut :”+od.warna_rambut);
System.out.println(“warna kulit :”+od.warna_kulit);
System.out.println(“bentuk badan : “+od.bentuk_badan);
System.out.println(“berkacamata : “+od.kacamata);
}
}
Hasilnya:
C:\Program Files\Java\jdk1.5.0_13\bin\java.exe -classpath “C:\Program Files\Java\jdk1.5.0_13\jre\lib\rt.jar;D:\praktik algoritma” OrangData
orang surabaya ke-1
nama anda :null
tinggi badan :160
berat badan :45
warna rambut :hitam
warna kulit :coklat
bentuk badan :null
berkacamata :false
orang surabaya ke-2
nama anda : null
tinggi badan : 160
berat badan : 45
warna rambut :hitam
warna kulit :coklat
bentuk badan : null
berkacamata : false
Finished executing
Tidak ada komentar:
Posting Komentar