Jumat, 15 Juni 2012

Praktikum algortima modul 16

MODUL 16

KELAS DAN OBYEK II

TUJUAN

Mahasiswa mampu membuat obyek yang mengacu dikelas tersebut.
PEMBAHASAN

LATIHAN

Membuat kelas main.

public class Bicycle{

public int cadence;

public int gear;

public int speed;



public Bicycle (int startCadence, int startSpeed, int startGear){

gear = startGear;

cadence = startCadence;

speed = startSpeed;

}



public void setGear(int newValue){

cadence = newValue;

}



public void setCadence (int newValue){

gear = newValue;

}



public void applyBrake (int decrement){

speed -= decrement;

}



public void speedUp (int increment){

speed += increment;

}

}



class BicycleDemo{

public static void main (String args[]){

Bicycle bb1 = new Bicycle(1,2,3);

Bicycle bb2 = new Bicycle(3,4,5);



bb1.setGear(10);

bb1.setCadence(8);

bb1.applyBrake(15);

bb1.speedUp(12);



bb2.setGear(9);

bb2.setCadence(10);

bb2.applyBrake(5);

bb2.speedUp(8);

}

}

Membuat kelas mainnya:

class Bicycle{

public int cadence;

public int gear;

public int speed;

int startCadence;int startSpeed;int startGear;

public Bicycle (){

gear = startGear;

cadence = startCadence;

speed = startSpeed;

}

public void setGear(int newValue){

cadence = newValue;

}

public void setCadence (int newValue){

gear = newValue;

}

public void applyBrake (int decrement){

speed -= decrement;

}

public void speedUp (int increment){

speed += increment;

}

public void printStates() {
System.out.println(“cadence: “+cadence+ ” speed: “+speed+ ” gear: “+gear);

}

}

public class BicycleDemo{

public static void main (String args[]){

Bicycle bb1 = new Bicycle();

Bicycle bb2 = new Bicycle();
bb1.setGear(10);

bb1.setCadence(8);

bb1.applyBrake(15);

bb1.speedUp(20);

bb1.printStates();



bb2.setGear(9);

bb2.setCadence(10);

bb2.applyBrake(5);

bb2.speedUp(8);

bb2.printStates();



}

}

Hasilnya :

C:\Program Files\Java\jdk1.5.0_13\bin\java.exe -classpath “C:\Program Files\Java\jdk1.5.0_13\jre\lib\rt.jar;D:\praktik algoritma\bicycle” BicycleDemo

cadence: 10 speed: 5 gear: 8

cadence: 9 speed: 3 gear: 10

Finished executing

Pembahasannya:
public class Bicycle{: digunakan untuk menampilkan nama kelas dalam program java.
public int candence; :merupakan tampilan atribut milik dari bicycle, merupakan tipe integer dan variable candence.
public int gear;: merupakan tampilan atribut milik dari bicycle, merupakan tipe integer dan variable gear.
public int speed;: merupakan tampilan atribut milik dari bicycle, merupakan tipe integer dan variable speed.
public Bicycle(int startCandence, int startSpeed ,int startGear){ :merupakan konstruktor dalam kelas bicycle dengan mengambil 3 argument integer.
gear = startGear;: masuk ke variable gear kemudian dideklarasikan.
candence = startCandence;: masuk ke variable candence kemudian dideklarasikan.
speed = startSpeed;: masuk ke variable speed kemudian dideklarasikan.
public void setCandence(int newValue){ : digunakan untuk menampilkan nama method dengan tipe variablenya integer.
candence = newValue; digunakan untuk menciptakan obyek value
public void setGear(int newValue){digunakan untuk menampilkan nama method dengan tipe variablenya integer.
gear = newValue; digunakan untuk menciptakan obyek value
public void applyBrake(int decrement){ : digunakan untuk menampilkan nama method dengan tipe variablenya integer.
speed -= decrement; : berkurang satu dari variable speed..
public void speedUp(int increment){: digunakan untuk menampilkan nama method dengan tipe variablenya integer.
speed += increment; :bertambah satu nilai variable speed.
public class Bicycledemo : digunakan untuk menampilkan nama kelas dalam program java.
public static void main(String[]args){ : untuk menampilkan standartnya program dalam java atau sebagai program utama.
public void printStates() {:
System.out.println(“cadence: “+cadence+ ” speed: “+speed+ ” gear: “+gear); : digunakan untuk menampilkan hasil atau outputnya.
Bicycle bb1 = new Bicycle(); digunakan untuk menciptakan obyekbaru pada Bicycle pertama (bb1)
Bicycle bb2 = new Bicycle():digunakan untuk menciptakan obyekbaru pada Bicycle kedua (bb2)
bb1.setGear(10); pada obyek bicycle 1 variable isi setGearnya 10.
bb1.setCadence(8); pada obyek bicycle 1 variable isi setCandencenya 8.
bb1.applyBrake(15); pada obyek bicycle 1 variable isi applybrakenya 15.
bb1.speedUp(20); pada obyek bicycle 1 variable isi speedUpnya 20.
bb1.printStates();merupakan bicycle 1 variable isi printstates.
bb2.setGear(9): merupakan bicycle 2 variable isi gearnya 9.


TUGAS
membuat program tentang kelas orang dan jenisnya.

public class OrangData // digunakan untuk menampilkan nama kelas dalam program java.

{

int tinggi = 160; // merupakan tipe data integer dengan nilai tinggi 160

int berat = 45;//merupakan tipe data integer dengan nilai berat 45

String nama;// merupakan tipe data string dengan variabelnya nama.

String bentuk_badan;// merupakan tipe data string dengan variabelnya bentuk badan.

String warna_rambut = “hitam”;// merupakan tipe data string dengan variabelnya warna rambut dengan hasilnya hitam.

String warna_kulit = “coklat“;// merupakan tipe data string dengan variabelnya warna kulit dengan hasilnya coklat.

String kelamin;// merupakan tipe data string dengan variabelnya kelamin.

boolean kacamata;// merupakan tipe data booelan untuk menyatakan true atau false.

OrangData()//

{}

OrangData(String btk_bdn,String wrn_rambut,String wrn_kulit,String klm,boolean kcmt)// merupakan konstruktor dalam kelas bicycle dengan mengambil 3 argument integer.



{

bentuk_badan = btk_bdn;//digunakan untuk memasukkan data bentuk badan.

warna_rambut=wrn_rambut;

warna_kulit=wrn_kulit;

kelamin = klm;

kacamata = kcmt;

}

public void setnama(String nama)//digunakan untuk menampilkan nama method dengan tipe variablenya String

{

nama = nama;

}

public static void main(String args[])//untuk menampilkan standartnya program dalam java atau sebagai program utama

{

OrangData od = new OrangData();//digunakan untuk menciptakan obyek baru pada orangdata.

System.out.println(“orang surabaya ke-1″);//digunakan untuk menampilkan hasil keluaran.
od.setnama(“Cela”);//merupakan obyek dengan variable nama nya cela.

System.out.println(“nama anda :”+od.nama);//digunakan untuk menampilkan hasil nama.

System.out.println(“tinggi badan :”+od.tinggi);

System.out.println(“berat badan :”+od.berat);

System.out.println(“warna rambut :”+od.warna_rambut);

System.out.println(“warna kulit :”+od.warna_kulit);

System.out.println(“bentuk badan :”+od.bentuk_badan);

System.out.println(“berkacamata :”+od.kacamata);

System.out.println(“orang surabaya ke-2″);
od.setnama(“Cieni”);

System.out.println(“nama anda : “+od.nama);

System.out.println(“tinggi badan : “+od.tinggi);

System.out.println(“berat badan : “+od.berat);

System.out.println(“warna rambut :”+od.warna_rambut);

System.out.println(“warna kulit :”+od.warna_kulit);

System.out.println(“bentuk badan : “+od.bentuk_badan);

System.out.println(“berkacamata : “+od.kacamata);

}

}


Hasilnya:

C:\Program Files\Java\jdk1.5.0_13\bin\java.exe -classpath “C:\Program Files\Java\jdk1.5.0_13\jre\lib\rt.jar;D:\praktik algoritma” OrangData

orang surabaya ke-1

nama anda :null

tinggi badan :160

berat badan :45

warna rambut :hitam

warna kulit :coklat

bentuk badan :null

berkacamata :false

orang surabaya ke-2

nama anda : null

tinggi badan : 160

berat badan : 45

warna rambut :hitam

warna kulit :coklat

bentuk badan : null

berkacamata : false

Finished executing

Tidak ada komentar:

Posting Komentar